Serap Aspirasi, Mukhtarudin Temui Langsung Para Nelayan Kubu

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

PANGKALAN BUN – Anggota DPR RI dapil Kalimantan Tengah Mukhtarudin melakukan kunjungan kerja sekaligus bersilaturahmi di Pantai Kubu Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng, pada Rabu (4/5/2022).

Kunjungan tersebut juga dalam rangka untuk menyerap aspirasi para nelayan di wilayah tersebut, salah satunya terkait keluhan mengenai bahan bakar minyak yang murah untuk melaut.

“Saya memahami persoalan BBM untuk para nelayan karena merupakan komponen biaya utama untuk melaut apalagi di masa pandemi seperti saat ini,” kata Mukhtarudin, saat diwawancarai awak media.

Hal itu dikatakan Mukhtarudin menanggapi keluhan salah satu nelayan Kubu yang menyampaikan keluhannya, padahal masih membutuhkan BBM murah.

“Intinya begini, pembukaan masa sidang ini kan 15 Mei, tadi saya mendengar keluhan nelayan Kubu terkait distribusi solar bersubsidi untuk nelayan, dan kebetulan saya di komisi VII yang membidangi akan kami sampaikan pada sidang nanti,” tuturnya.

“Dan ini sangat penting saya harus tahu apakah kebutuhan solar itu cukup untuk nelayan, apakah ada masalah, ataupun koutanya kurang, atau harganya sesuai dengan harga pemerintah, dan ini yang harus kami ketahui langsung dari para nelayan ini,” sambung Mukhtarudin.

Menurutnya, dari informasi yang ada memang perlu ada pembenahan dalam distribusi, yang diperkirakan salah sasaran, walaupun kecil akan tetapi harus dibenahi.

“Sehingga kedepanya Solar bersubsidi ini memang diperuntukkan nelayan, karena ini subsidinya besar, apalagi dengan harga minyak mentah dunia yang diatas seratus, subsidinya luar biasa,” bebernya.

“Sekali lagi tegaskan bahwa subsidi ini harus tepat sasaran, dalam satu dua hari kedepan saya akan bertemu dengan perwakilan Pertamina yang ada di Pangkalan Bun, ingin mengetahui bagaimana sistem BBM yang ada di Kotawaringin Barat,” terang Mukhtarudin.

Dalam dialog tersebut, Mukhtarudin mengaku gembira mendengar semangat para nelayan yang semangat mengais rejekinya walau diterpa Pandemi Covid-19.

“Saya senang para nelayan yang bersemangat meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan penghasilan,” tuturnya.

Dia juga menyatakan terima kasih kepada para nelayan yang terbuka menyampaikan keluhan dan “unek-unek”, serta dirinya bisa melihat langsung permasalahan nelayan.

Sebelum berdialog dengan para nelayan, Mukhtarudin bersilaturahmi dengan para jaringan dan perwakilan Golkar.

Selain itu Mukhtarudin juga menyempatkan diri berbincang dengan para warga. Menurut dia, kegiatan di pantai Kubu tersebut membuat ekonomi bergulir karena terdapat efek domino dalam kegiatan di pariwisata.

“Ini membuat ekonomi bergulir. Bukan hanya nelayan saja yang dapat penghasilan, tapi penjual sovenir, penjual makanan ikut kebagian rejeki,” tutupnya.

Share on: