Mengenal Drs. Mukhtarudin, Putra Kalimantan Tengah

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

MUKHTARUDIN.COM – Drs. H. Mukhtarudin adalah seorang tokoh asli dari Kalimantan Tengah, yang lahir di Pangkalan Bun pada 6 September 1964, merupakan anak kelima dari pasangan H. Djuhari Djarni dan Hj. Marhumah.

Mukhtarudin menempuh pendidikan di kota Pangkalan Bun, yakni di SDN – 2 Pangkalan Bun (lulus1977), SMP – 1 Pangkalan Bun (lulus 1981), SMA – 1 Pangkalan Bun (lulus 1984), dan terakhir menempuh pendidikan S1 FISIPOL jurusan administrasi Negara di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin – Kalimantan Selatan.

Mukhtarudin memiliki segudang pengalaman dalam baik di eksekutif maupun legislatif dan pengabdian pada masyarakat, Pernah sebagai staf pengajar (dosen) pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara yang sekarang sudah menjadi Universitas Antakusuma Pangkalan Bun dan merupakan salah seorang inisiator dan pendiri Universitas Antakusuma dan menjadi anggota Yayasan Kotawaringin, yang merupakan yayasan hasil merger Yayasan Pembinaan Pendidikan Beringin (STIE) dan Yayasan Pendidikan Kotawaringin (STIH).

Di Lembaga Eksekutif pernah berkarier sebagai Aparatur Sipil  Negara sejak tahun 1990 dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Bidang Promosi pada Badan Penanaman Modal Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Setelah berkarier sebagai Aparatur Sipil Negara  selama 12 tahun maka pada tahun 2002 mengundurkan diri dari Aparatur Sipil Negara dan terjun ke politik dan jadi pengusaha serta menjadi Anggota DPR RI periode 2004 – 2009 Hasil pemilu  Legislatif 2004 dari Partai Golkar.

Drs. H. Mukhtarudin mengawali kariernya di Partai Politik berperan aktif hingga sekarang di Partai GOLKAR yang sejak tahun 1998-199 sebagai Wakil Ketua DPD II partai Golkar Kotawaringin Barat, kemudian tahun 2003-2008 sebagai wakil ketua DPD II partai Golkar Kotawaringin Barat, tahun 2008 sebagai Wakil Ketua Sub Divisi Evakuasi dan Perencanaan BAPPILU DPP Partai Golkar, sebagai Wakil Koordinator Provinsi Kalimantan Tengah Bappilu DPP Partai Golkar tahun 2008, Sebagai Wakil Sekretaris LPK DPP Partai Golkar, Tahun 2005-2009 ditunjuk sebagai Wakil Ketua POKJA Kehutanan dan LH DPP Partai Golkar, kemudian tahun 2009-2014 sebagai Anggota Dep. PP Wilayah Kalimantan DPP Partai Golkar, dan hingga tahun 2018 dipercaya sebagai Wakil Ketua KORBID Pemenangan Pemilu Jawa dan Kalimantan.

Saat ini Drs. H. Mukhtarudin menjadi Anggota DPR RI Komisi 7 (VII) Membidangi Energi, Riset dan Inovasi, dan Industri. Anggota Badan Anggaran DPR RI – AKD (Alat Kelengkapan Dewan). Fraksi Partai Golkar-Wakil Ketua Bidang Perindustrian dan Pembangunan. DPP Partai Golkar-Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam dan Sosial. DPP Partai Golkar-Bappilu Koordinator Wilayah Kalimantan Tengah.

 

Baca juga :

Share on: