Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Mukhtarudin dan Kemenperin Gelar BIMTEK Wirausaha Baru IKM di Kota Palangkaraya

Artinya kegiatan BIMTEK ini terus dilakukan, agar sektor IKM ini dapat terus tumbuh mampu bertahan dan berdaya saing bahkan bisa naik kelas.
Sambutan Mukharudin dalam acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah Selasa, 3 Oktober 2023.

JAKARTA– Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah Selasa, 3 Oktober 2023.

Mukhtarudin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan BIMTEK ini merupakan upaya Komisi VII DPR dan Kementerian Perindustrian untuk mendorong berkembangnya para wirausaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Kalimantan Tengah dapat terus tumbuh.

“Artinya kegiatan BIMTEK ini terus dilakukan, agar sektor IKM ini dapat terus tumbuh mampu bertahan dan berdaya saing bahkan bisa naik kelas,” tandas Mukhtarudin.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu dihadiri Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian RI Dini Hanggardari, Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah.

Selain itu, hadir pula Anggota DPRD Provinsi Kalteng Subandi, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM Kota Palangkaraya Syamsul Rizal, Kepala UPTD Balai Latihan Palangkaraya serta para pejabat fungsional Industri Kecil menengah di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mengatakan bahwa sektor Industri Kecil Menengah (IKM) telah diakui memegang peran strategis dalam perekonomian nasional, terutama dalam penyediaan dan perluasan kesempatan kerja yang juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Kita tahu selama ini IKM terbukti berhasil menjadi salah satu penopang perekonomian Nasional di tengah beragam tantangan krisis global yang dihadapi saat ini,” beber Mukhtarudin.

Adapun tujuan kegiatan BIMTEK ini menurut Mukhtarudin dalam rangka membuka mindset, memberikan motivasi dan pengetahuan tentang kewirausahaan di wilayah Kalimantan Tengah.

“Oleh karena itu, Kami Komisi VII DPR RI dan Kementerian Perindustrian akan fokus menjalankan pembinaan, penguatan dan pemberdayaan industri kecil dan menengah (IKM) untuk meningkatkan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Mukhtarudin.

Sementara, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian RI Dini Hanggardari mengatakan pemberdayaan IKM menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

Dini mengatakan saat ini jumlah IKM yang mencapai 99,97 persen dari total unit industri menunjukkan IKM sebagai bagian dari roda perekonomian nasional.

“Wirausaha IKM memberikan kontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan nilai tambah barang dan jasa sehingga perlu terus didorong tumbuh dan berkembang,” ujar Dini.

Kementerian Perindustrian dalam hal ini terus berupaya berkembangnya wirausaha IKM guna dapat terus tumbuh mampu bertahan dan berdaya saing bahkan naik kelas.

“Salah satu upaya tersebut antara lain melalui Bimtek ini. Karena ekosistem kewirausahaan perlu terus dibangun untuk mendorong kesempatan para wirausaha dan kemudahan berusaha,” pungkas Dini Hanggardari.