Mukhtarudin Minta Pemerintah Daerah Perbaiki Data Vaksinasi

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan, tidak jarang masyarakat melakukan vaksinasi di luar daerah asalnya yang berimbas pada data penerima vaksin Covid-19 yang tidak akurat.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin meminta sentra vaksinasi di tiap daerah untuk bekerja sama dalam mengatasi permasalahan terkait data penerima tersebut.

“Yakni dengan melaporkan dan menyelaraskan serta membenahi data penerima vaksin Covid-19 agar data vaksin lebih akurat,” tutur Mukhtarudin, Senin, (29/11/2021).

Politisi Dapil Kalimantan Tengah ini juga meminta para petugas vaksinasi sebagai garda terdepan untuk memastikan masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi terdata secara akurat dan jelas.

“Dan segera mengirimkan data penerima vaksin di wilayahnya bertugas tersebut ke daerah asal penerima vaksin,” imbuh Mukhtarudin.

Kendati demikian, Mukhtarudin mengatakan bahwa komitmen pemerintah daerah untuk dapat terus mengawal dan mengevaluasi data penerima vaksin Covid-19 di seluruh daerah, dan memastikan masing-masing daerah dapat mencapai target sasaran vaksinasi yang telah ditentukan.

Mengingat, lanjut Mukhtarudin, pendataan vaksinasi di lapangan berpengaruh pada pendataan vaksinasi secara nasional untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Jadi, aaya minta pemerintah daerah untuk dapat menjadikan data penerima vaksin terkini sebagai bahan evaluasi terhadap capaian vaksinasi di daerahnya, sehingga apabila capaiannya masih tergolong rendah, pemerintah harus berupaya lebih mempercepat sekaligus memperluas cakupan program vaksinasinya,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)

Share on: