Mukhtarudin, Hari AIDS Sedunia Minta Akses Kesehatan Merata untuk ODHA

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Jakarta – Hari AIDS Sedunia atau World AIDS Day diperingati pada 1 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat terkait bahaya penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV.

Pada tahun ini, hari AIDS menyerukan akses kesehatan yang merata untuk orang dengan HIV/AIDS (ODHA).
Hari AIDS Sedunia pertama kali diperingati pada 1988.

Anggota DPR RI Mukhtarudin menyampaikan dengan peringatan hari AIDS sedunia akan menjadi momentum untuk menguatkan kembali komitmen pencapaian three zeroes yakni tidak ada lagi inveksi baru HIV.

Mukhtarudin berharap pemerintah lebih memperhatikan akses kesehatan yang bisa didapat oleh Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

“Sehingga tidak ada diskriminasi bagi ODHA dan tercipta kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan,” tutur Mukhtarudin, Kamis, (2/12/2021).

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini juga meminta pemerintah mengedukasi masyarakat bahwa ODHA tidak untuk dicemooh ataupun dikucilkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Serta memberikan pemahaman mengenai tata cara penularan HIV/AIDS sehingga masyarakat memahami dan tidak perlu khawatir atau takut tertular,” imbuh Mukhtarudin.

Mesti begitu, Mukhtarudin mendorong Kementerian Kesehatan/Kemenkes agar setiap rumah sakit tetap memberikan pelayanan yang maksimal bagi ODHA yang sedang menjalani pengobatan maupun terapi.

“Meskipun saat ini berbagai fasilitas kesehatan tengah memfokuskan pada penanganan covid-19. Saya minta pemerintah melalui Kemenkes berkomitmen melakukan upaya maksimal untuk menekan angka kematian pada ODHA,” pungkas Mukhtarudin. (Yusbob)

Share on: