Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Pelatihan Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi Menengah dan Tinggi

Pelatihan publikasi sangat penting, dan hal itu merupakan sarana untuk berkomunikasi antar masyarakat ilmiah dari seluruh Negara di dunia.

“Jadi, hasil riset kita di Indonesia akan memberikan manfaat lebih luas setelah dipublikasikan pada jurnal Internasional,” terang Mukhtarudin.

Publikasi Internasional terkait hasil-hasil penelitian di Indonesia, menurut Muktarudin akan memberi dampak yang menunjukkan posisi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di tanah air. Akan tetapi, lanjut Mukhtarudin, untuk bisa menembus publikasi internasional diperlukan upaya yang strategis dan cerdas.

Jejaring internasional yang terbangun dapat terjadi apabila jurnal ilmiah banyak dijadikan sumber referensi dan juga dikutip dalam jurnal ilmiah penelitian lain sehingga meningkatkan kuantitas indeks sitasi. Indeks sitasi ialah salah satu indikator dari kualitas publikasi. Sitasi diukur berdasarkan banyak tidaknya peneliti lain yang mengutip publikasi ilmiah tersebut. Indeks sitasi yang tinggi mencerminkan tingkat kualitas dari sebuah riset yang tinggi pula.

Mukhtarudin selalu mendorong agar kuantitas dan kualitas riset penelitian dari para peneliti dan akademisi dari Bumi Tambun Bungai KALTENG ini semakin meningkat.