Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Tambah Terang, 425 Titik PJU Tenaga Surya Terpasang di Kalimantan Tengah

PJU tenaga surya ini adalah program dari Kementerian ESDM yang disalurkan anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin. Khususnya untuk wilayah-wilayah di Kalteng yang belum terjangkau aliran listrik PLN. Titik-titik yang sebelumnya gelap, kini menjadi terang. Sungguh masyarakat menyambut senang. Anak-anak senang bermain di bawahnya dan wilayah terasa aman bagi mereka.

PANGKALAN BUN – Drs.H. Mukhtarudin, anggota Komisi VII DPR RI fraksi Golkar dari Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng), yang akrab disapa Bung Mukhtarudin, melaksanakan serah-terima sekaligus peresmian Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, (25/2/2023).

PJU tenaga surya ini adalah program dari Kementerian ESDM yang disalurkan anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin. Khususnya untuk wilayah-wilayah di Kalteng yang belum terjangkau aliran listrik PLN. Titik-titik yang sebelumnya gelap, kini menjadi terang. Sungguh masyarakat menyambut senang. Anak-anak senang bermain di bawahnya dan wilayah terasa aman bagi mereka.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut hadir Pj Bupati Kobar yang diwakili Asisten 3 Syahrudin, Bupati Lamandau Hendra Lesmana, Perwakilan Bupati Sukamara, Ketua DPRD Kobar Rusdi Ghozali, Tokoh Masyarakat Hj Nurhidayah, dan Perwakilan Kapolres Kobar.

“Alhamdulillah program dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE), sinergi antara DPR RI dan Pemerintah daerah Kobar, Lamandau, dan Sukamara hari ini kita resmikan dan diserah terimakan dan berfungsi 100 persen,” ujar Mukhtarudin.

“Terimakasih kepada Kementerian ESDM, Pemkab Kobar, Lamandau dan Sukamara yang terus membangun infrastruktur yang bersentuhan langsung terhadap masyarakat, salah satunya adalah program infrastruktur Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS),” sambungnya.

Lanjut Mukhtarudin, program ini memang luar biasa manfaatnya bagi masyarakat, dan disambut sukacita oleh masyarakat Kobar, Lamandau dan Sukamara, bahkan hampir semua warga masyarakat se-indonesia ini menyambut sukacita program ini.

“Bukan hanya di Kobar, Lamandau dan Sukamara saja namun masih ada daerah lain yang ada di wilayah Kalimantan Tengah, jadi kita bagi-bagilah,” sebut Mukhtarudin.

“Alhamdulillah semuanya sudah terpasang dan berfungsi artinya sudah menyala dan juga masyarakat juga mengucapkan banyak terima kasih kepada kementerian ESDM,” lanjutnya.

Mukhtaruddin menjelaskan program sinergitas antara Komisi VII DPR RI dan Kementerian ESDM ini bisa dinikmati masyarakat sesuai peruntukannya.

“Harapannya dengan keberadaan PJU-TS di tempat lokasi fasilitas publik dan jalan umum ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat dalam menunjang aktivitas sesuai fungsinya,” jelas Mukhtaruddin.

Menurut Mukhtaruddin, ini merupakan salah satu upaya mewujudkan aspirasi dari rakyat yang diwakilinya. Mengingat dari segi wilayah, Provinsi Kalteng sangat luas, tentunya masih ada wilayah yang masih belum terjangkau aliran listrik.

“Untuk itulah agar masyarakat bisa merasakan manfaat dari listrik, paling tidak di fasilitas publik dan jalan umum maka program PJU-TS ini adalah salah satu solusi untuk membantu masyarakat,” jelas Mukhtaruddin.

Mukhtaruddin mengatakan, karena pentingnya keberadaan PJU-TS ini bagi masyarakat luas, harapannya bisa sama-sama dijaga keberadaanya.

“Lantaran PJU-TS ini adalah milik publik, artinya milik dan manfaatnya nagi semua masyarakat. Harapannya keberadaannya bisa dijaga, agar bisa terus memberikan manfaat sesuai peruntukannya,” tutur Mukhtaruddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Ditjen EBTKE Sahid Junaidi pada acara peresmian dan serah terima secara simbolis PJU TS. PJU TS yang dibangun dengan pembiayaan APBN sebanyak 425 unit, tersebar di Kobar, Lamandau dan Sukamara.

“Program Pemasangan PJU TS merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui aspirasi dari Komisi VII DPR-RI, dalam hal ini Mukhtarudin, dengan dukungan Pemerintah Daerah, sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN,” ungkap Sahid.

Lebih lanjut, Sahid mengatakan bahwa program pemasangan PJU TS merupakan salah satu solusi efisiensi energi untuk memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT).

Sahid berharap agar PJUTS ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di tiga Kabupaten. Kemudian diharapkan PJUTS yang telah dibangun ini dapat dipelihara lebih lanjut sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih lama bagi masyarakat. Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan PJU TS tersebut.

Sementara Tokoh masyarakat Hj Nurhidayah juga menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas dukungan dari Mukhtarudin, sebagai Anggota Komisi VII DPR-RI, dimana PJU TS ini merupakan usulan aspirasi beliau, imbuhnya.

“Mewakili warga masyarakat khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat, kami mengucapkan ribuan terima kasih, dulu sebelum ada PJUTS jalan disini remang-remang mau ke musholla, tapi sekarang karena jalan udah terang, anak-anakpun jadi rajin ke musholla,” ungkap Nurhidayah yang juga mantan Bupati Kobar itu.