Peringati Hari Lahir Pancasila, Mukhtarudin: Mari Bangkitkan Kembali Semangat Juang!

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

JAKARTA- Hari lahir Pancasila diperingati di Indonesia setiap 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Hal tersebut yang menjadi dasar Presiden Joko Widodo pada 2016 menetapkan setiap 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Sejak saat itu, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.

Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan sebuah hari di mana ideologi mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu dalam satu kesatuan yakni Kesatuan Indonesia.

“Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan, Pancasila juga merajut keragaman jadi keindahan, dan Pancasila itu menyatukan,” tutur Mukhtarudin, Rabu, (1/6/2022).

Untuk itu, Mukhtarudin mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai penerus bangsa, wajib untuk selalu meneruskan cita-cita dari bangsa ini. Menjadi sebuah bangsa yang terbaik di mata internasional sehingga Pancasila tidak akan pernah menjadi legenda saja untuk anak cucu kita nanti. Selamat Hari Pancasila!,” Pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)

Share on: