Bangun Semangat Kebhinekaan, Mukhtarudin Diganjar Sebagai Tokoh Pejuang Pancasila

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar Mukhtarudin menerima Penganugerahan Pemuda Award dalam kriteria nominasi sebagai tokoh Pejuang Pancasila versi Pemuda Indonesia. Pemuda Award digelar Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI).

Penyerahan Penganugrahan KNPI Award 2021 diberikan dalam rangkaian Rapat Pimpinan Paripurna Nasional Pemuda (Rapimpurnas) DPP KNPI di Jawa Timur, Minggu, 12 Desember 2021.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin 13 Desember 2021, disampaikan bahwa DPP KNPI memberikan penghargaan kepada Mukhtarudin sebagai bentuk pengakuan kepada individu yang konsisten pada nilai-nilai luhur pancasila.

Penghargaan ini menunjukkan kerja keras yang dilakukan oleh Mukhtarudin sebagai figur yang menghargai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan. Mukhtarudin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada DPP KNPI atas penghargaan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada KNPI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Noer Fajrieansyah atas Penganugerahaan ini. Pemberian ini sangat luar biasa dan memotivasi saya melakukan banyak hal untuk rakyat Indonesia, khusus bagi Pemuda Indonesia, KNPI satu Indonesia bangkit,” kata Mukhtarudin, Senin, (13/12).

Pria kelahiran Pangkalan Bun Kalteng ini pun tak lupa mengingatkan kepada seluruh generasi bangsa akan pentingnya Pancasila sebagai sebuah ideologi negara yang telah teruji dalam menjaga stabilitas, ancaman dan gangguan dari semua kalangan maupun kelompok baik dari dalam maupun dari luar.

Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia adalah visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Yaitu melalui terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan, serta menjunjung tinggi nilai keadilan.

Untuk itu, Anggota Komisi VII DPR ini bilang nilai-nilai Pancasila masih perlu diterjemahkan secara lebih konkret dan diamalkan secara nyata dalam kehidupan, agar betul-betul dirasakan manfaatnya oleh seluruh umat.

Mengingat saat ini, masih ada sikap sebagian generasi muda yang belum sejalan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Hal ini menunjukkan masih ada pekerjaan rumah bagi semua elemen bangsa untuk mengupayakan agar Pancasila lebih dapat diterima dan diamalkan secara utuh oleh seluruh anak muda Indonesia.

Menurut Mukhtarudin, bagi bangsa Indonesia, nilai-nilai luhur dan fundamental tersebut telah terkristalisasi dalam rumusan sila-sila Pancasila. Dimana terlahir di tengah-tengah kehidupan kebangsaan yang menjunjung tinggi konsep kebhinekaan.

“Saya berharap implementasi nilai-nilai Pancasila dan semangat kebinekaan harus selalu menjadi komitmen kolektif, membumi, dan senantiasa hadir mengisi ruang publik kita,” kata Mukhtarudin. (*)

Share on: