Anggota DPR RI Mukhtarudin Dorong UMKM Kalteng Naik Kelas dan Perluas Pasar

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Kotawaringin Barat – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Golkar Drs H. Mukhtarudin inisiasi kegiatan sosialisasi konsep dan cara pemasaran di perusahaan level nasional dan internasional bagi pelaku usaha di Kalteng.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber Direktur utama PT Sarinah Persero yang merupakan salah satu badan usaha milik negera (BUMN) yang bergerak di bidang ritel san perdagangan serta menjadi wadah bagi para pegiat industri kreatif di tanah air.

Kegiatan yang digelar secara virtual tersebut diikuti oleh puluhan pelaku usaha, terutama UMKM dan IKM di Kalteng.

Selain itu, hadir juga Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan dan Perinduatrian Provisni Kalteng serta kabupaten/kota se Kalimantan Tengah.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka mendukung dan mendorong pelaku usaha, khususnya UMKM dan IKM di Kalteng untuk meningkatkan kualitas dan memperluas pasar. Kita ingin UMKM dan IKM di Kalteng naik kelas dan bisa tembus pasar nasional dan juga internasional,” kata Mukhtarudin, Jumat (13/8/2021).

Dia mengatakan, sebagai langkah pertama agar para pelaku usaha, khususnya UMKM dan IKM Kalteng naik kelas dan mampu menembus pasar nasional dan internasional, terang Mukhtarudin.

Lanjut Mukhtarudin, kegiatan ini mengundang Dirut PT Sarinah sebagai narasumber.

“PT Sarinah merupakan BUMN merupakan wadah pelaku UMKM memasarkan produknya. Kita ingin produk-produk UMKM dan industri kratif Kalteng dapat menjalin kemitraan dgn PT Sarinah,” ucap Mukhtarudin.

Kegiatan sosialiasi kepada UMKM dan IKM serta industri kreatif, tidak hanya kali ini saja dilaksanakan oleh Anggota DPR RI Mukhtarudin.

Politisi Golkar ini sudah beberapa kali memberikan pelatihan dan sosisialisasi kepada pelaku usaha, khususnya UMKM dan IKM di Kalteng.

“Kita akan terus mendukung agar pelaku usaha, khususnya UMKM dan IKM / industri kreatif dapat terus berkembang. Dan juga dapat bertahan disegala situasi, khususnya saat pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Mukhtarudin.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Sarinah Persero Fetty Kwartati memastikan, Sarinah akan membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya, baik level nasional dan juga internasional.

Namun, pelaku usaha harus dapat mengikuti proses dan mekanisme atau proses kurasi terlebih dahulu agar produknya bisa dipasarakan melalui jaringan PT Sarinah baik untuk pasar nasional maupun internasional.

“Sarinah pada intinya, membantu pelaku usaha untuk naik kelas dan menembus pasar global. Kita ingin Sarinah menjadi brand pemersatu yang membawa gerbong yang isinya produk-produk UMKM, IKM dan industri kreatif dari seluruh Indonesia untuk dipasarkan,” pungkasnya. (Yusbob)

Sumber : kotawaringinnews.co.id

Share on: