Mukhtarudin Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kampus Politeknik Lamandau

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Puluhan mahasiswa Politeknik Lamandau (Polilaman) dan sejumlah perwakilan siswa SLTA mengikuti sosialisasi empat pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) bersama anggota DPR RI, H Mukhtarudin, Senin 24 Mei 2021.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lamandau tersebut bekerjasama dengan Politeknik Lamandau digelar di kampus Polilaman.

Asisten Administrasi Umum Setda Lamandau, Albert Jackat mewakili Bupati Lamandau Hendra Lesmana membuka kegiatan yang bertujuan untuk memupuk jiwa kebangsaan dan nasionalisme generasi penerus bangsa.

“Pak Bupati menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara, peserta dan juga rasa terima kasih kepada pemateri yakni anggota DPR RI, H Mukhtarudin yang telah bersedia memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kebangsaan kepada generasi muda Bumi Bahaum Bakuba,” ungkap Albert Jackat.

Mukhtarudin menyampaikan materi sosialisasi empat pilar MPR RI secara virtual.

Dalam paparannya, Mukhtarudin mendorong agar kaum muda di Lamandau dan Kalteng pada umumnya berkomitmen mengamalkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam empat pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD tahun 1945, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Kalteng yang memiliki julukan Bumi Pancasila sejatinya telah menyiratkan bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan merupakan hal yang asing untuk warga Kalteng,” ungkapnya.

Menurutnya, di tengah kompleksitas zaman serta situasi pandemi Covid-19 saat ini, bangsa indonesia juga masih dihadapkan pada tantangan lain yang tak mudah, seperti sikap intoleransi, demoralisasi generasi milenial, memudarnya identitas dan karakteristik bangsa, masih tingginya kesenjangan sosial, penyalahgunaan narkoba, bertebarannya informasi bohong dan lain sebagainya.

Ia berharap sosialisasi empat pilar dapat memupuk semangat nasionalisme masyarakat Kalteng, utamanya pemuda sebagai bagian penting yang tetap berkomitmen menjadi benteng Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini juga dihadiri Ketua DPRD Lamandau M Bashar, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Herwinson, serta Wakil Direktur Politeknik Lamandau Nur Ikhsan.

(btg/matakalteng.com)

Share on:

Tinggalkan komentar