Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Menperin Aktif Berpartisipasi Pameran Global, Mukhtarudin: Penting Untuk Kemajuan Industri Tanah Air

“Tentu ini penting ya dalam upaya memperkenalkan potensi industri nasional kepada pasar global"

JAKARTA– Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) DPR RI Mukhtarudin mendukung langkah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang selalu aktif berpartisipasi pada pameran Internasional di tahun 2024.

“Tentu ini penting ya dalam upaya memperkenalkan potensi industri nasional kepada pasar global,” tutur Mukhtarudin, Rabu 26 Juni 2024.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini bilang menyadari pentingnya beradaptasi dengan perubahan teknologi, maka ajang partisipasi tersebut sebagai wujud dukungan dan fasilitasi untuk mendorong akses industri nasional ke pasar global.

Kata Mukhtarudin di samping menjadi ajang untuk mempromosikan pencapaian industri, pameran internasional juga dianggap sebagai kesempatan strategis untuk menjalin kerja sama bisnis dan menarik investasi.

Untuk itu, Mukhtarudin mengatakan berbagai ajang pameran itu diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk memperluas cakrawala ekspor, menampilkan keunggulan, dan meningkatkan daya saing industri Indonesia.

“Dengan harapan industri nasional kita terus berinovasi dan memiliki motivasi untuk tumbuh dan berdaya saing kedepannya,” pungkas Mukhtarudin.

Untuk diketahui, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pameran global 2024 menjadi penting guna lebih memacu industri manufaktur dalam negeri.

“Mengingat dalam ajang tersebut tentunya banyak terdapat potensi bisnisnya,” tutur Agus.

Agus mencontohkan pameran internasional Tokyo Show 29th Edition yang dilaksanakan pada 19-21 Juni 2024 yang menghadirkan 2.100 perusahaan industri manufaktur seperti pengolahan metal, peralatan mekanik, rantai, mesin, kendaraan, kompresor, serta pipa.

“Minggu lalu saya berkesempatan mengunjungi Manufacturing World Tokyo 2024, pameran tersebut mengedepankan berbagai macam state of the art technology yang sangat penting untuk pengembangan industri manufaktur di Indonesia. Saya akan mendorong dan memastikan bahwa dalam Tokyo Manufacturing World tahun depan akan ada perusahaan Indonesia berpartisipasi,” kata Menperin Agus di Jakarta, Senin.

Agus mengatakan dalam ajang pameran tersebut ada agenda pertemuan antarperusahaan (business to business) yang berpotensi meningkatkan realisasi investasi di tanah air.

“Kegiatan semacam ini berpotensi untuk mendorong perkembangan manufaktur di dalam negeri,” pungkas Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.