Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Mukhtarudin Dorong Daerah Tingkatkan Daya Saing Nasional Menuju Indonesia Emas 2045

“Saya berharap pemerintah daerah terus bersinergi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045”

JAKARTA – Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) DPR RI terus mendorong daerah-daerah di Indonesia untuk selalu meningkatkan daya saing berbasis inovasi di tingkat nasional hingga global.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mengatakan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi mempercepat langkah menuju Indonesia Emas 2045 tentu dengan menggerakkan strategi sektor ekonomi domestik.

“Yakni penguatan industri pengolahan, dan peningkatan dukungan kompetensi SDM industri di daerah itu sendiri,” tandas Mukhtarudin, Jumat 24 Mei 2024.

Anggota Komisi VII DPR RI ini mengatakan peningkatan kinerja industri pengolahan atau manufaktur secara langsung berdampak pada naiknya pendapatan daerah di Indonesia.

Mengingat, Mukhtarudin bilang peningkatan kinerja ekonomi di Indonesia tersebut tak lepas dari peran daerah tingkatkan daya saing khususnya di bidang Industri sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian.

“Peran sektor industri manufaktur ini juga turut pacu perekonomian daerah dan Nasional,” ujar Mukhtarudin.

Untuk itu, Anggota Banggar DPR RI ini mendorong pemerintah daerah (Pemda) perlu menjadi dirigen orkestra sinergi daya saing berkelanjutan dengan melibatkan seluruh potensi pemangku kepentingan secara inklusif.

Peraih tokoh peduli daerah terbaik Teropong Parlemen Award 2021 ini berharap kerjasama antar daerah yang telah dibangun pemerintah selama ini harus mampu mengoptimalkan potensinya dalam daya saing perekonomian di Indonesia.

“Saya berharap pemerintah daerah terus bersinergi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Mukhtarudin. (tim)