Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Hari Bela Negara, Mukhtarudin Ajak Komponen Bangsa Tunaikan Tugas Tanggung Jawab Bersama

JAKARTA– Hari ini 19 Desember 2023 ditetapkan sebagai Hari Bela Negara/HBN, yang merupakan peringatan dari peristiwa terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia atau PDRI untuk mengisi kekosongan kepemimpinan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI dalam rangka bela negara.

Anggota DPR Dapil Kalimantan Tengah Mukhtarudin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab, sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam program Bela Negara.

“Selamat memperingati HBN kepada seluruh masyarakat Indonesia. Semoga seluruh pihak tetap bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan tanah air sebagai tanggung jawab bersama,” tutur Mukhtarudin Selasa 19 Desember 2023.

Politisi Golkar kelahiran Pangkalan Bun Kalteng ini mengajak masyarakat untuk terus semangat dalam membela negara, dan berkomitmen untuk berkontribusi membangun bangsa Indonesia.

Mukhtarudin mengaku seiring laju perkembangan zaman, upaya bela negara semakin dihadapkan pada tantangan yang lebih kompleks, canggih dan rumit.

Artinya, menurut Mukhtarudin upaya bela negara tidak lagi hanya terfokus pada kekuatan fisik militer, karena ancaman terhadap kedaulatan negara hadir dalam berbagai aspek, baik ekonomi, sosial, budaya, politik ideologi, dan berbagai ancaman lainnya yang bersifat soft power.

“Sebagai bangsa yang besar kita harus menjaga nilai-nilai kebangsaan dan mempertebal kecintaan kepada bangsa Indonesia,” imbuh Mukhtarudin.

Peraih penghargaan Tokoh peduli Daerah Parlemen Award 2023 ini mengatakan bahwa spektrum konsepsi bela negara juga harus dimaknai dari sudut pandang yang lebih luas dan komprehensif.

“Menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa agar tidak diklaim oleh negara lain, misalnya, merupakan tindakan yang termasuk dalam kategori bela negara,” tandasnya.

Mesti begitu, Anggota Komisi VII DPR RI ini meminta pemerintah menyusun upaya, melalui kebijakan, program, maupun regulasi, untuk menghadapi segala tantangan nasional maupun tantangan global di berbagai sektor, serta selalu siap sedia melindungi tanah air

Untuk itu, Mukharudin menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk terus semangat dalam menjaga keberagaman dan menyatukan Indonesia.

“Serta menyampaikan terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kebebasan dan kedamaian bangsa Indonesia. Tugas kita adalah menjaga apa yang telah diperjuangkan para pendiri bangsa agar Indonesia tetap bersatu dan tidak terpecah-pecah,” pungkas Mukhtarudin.