Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Kementerian Perindustrian dan Mukhtarudin Gelar Bimtek Bagi Industri Kecil Menengah di Kobar

Pangkalan Bun – Guna mendorong semakin banyak bertumbuhnya wirausaha baru Kementerian Perindustrian RI bekerja sama dengan Anggota Komisi VII DPR-RI Mukhtarudin, kembali menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan berupa bimtek wirausaha baru industri kecil dan menengah di Kabupaten Kobar ini digelar mulai Sabtu, 28 hingga 31 Oktober 2023.

Di tempat tersebut Mukhtarudin menyampaikan program ini merupakan aspirasi dari anggota Komisi VII DPR RI yang kemudian didukung oleh pemerintah pusat 

“Program ini merupakan sebuah ikhtiar atau usaha pemerintah bersama stakeholder yang terkait. Tujuannya untuk mengembangkan serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang produktif di sektor industri kecil dan menengah,” jelasnya.

Menurut Mukhtarudin, banyaknya pelatihan dan bimtek yang digelar oleh pemerintah belakangan ini salah satunya untuk menyiapkan SDM masyarakat agar siap menghadapi bonus demografi tahun 2030.

“Karena diperkirakan, pada masa tersebut, di Indonesia masyarakat dengan usia produktif jumlahnya akan berlimpah. Tentunya secara otomatis persaingan dalam dunia kerja juga akan semakin ketat,” jelasnya.

Sehingga jangan sampai saat Indonesia memasuki 2030 bonus demografi yang ada tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal, akibat adanya persaingan ketat dalam dunia kerja dan masih adanya SDM yang di bawah standar.

“Dengan memiliki skill yang mumpuni pada suatu bidang usaha, harapannya kedepan banyaknya pelaku wirausaha yang muncul dan dipersiapkan saat ini, bisa mengatasi permasalahan tersebut.Khususnya bagi kita generasi muda di Kalimantan,” jelasnya.