Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Bimtek Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (IKM) untuk 1.242 Masyarakat Kalteng

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian gencar menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah yang dilaksanakan dibeberapa kabupaten/ kota di Kalteng.

Mukhtarudin menyampaikan bahwa Bimtek WUB IKM ini sebagai ikhtiar pemerintah dan stakeholder terkait dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan produktif.

“Ini sebagai ikhtiar bersama baik itu pemerintah, stakeholder terkait, dan kami sebagai Anggota DPR untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan produktif atau bisa menghasilkan”, jelas Mukhtarudin.

Bimtek ini akan masuk dalam domain skill, psikomotorik, dan diberikan motivasi. “jadi para peserta yang terpilih akan dilatih dari segi keahlian, teorinya ada, prakteknya ada. Sehingga dari yang tidak bisa menjadi bisa, yang sudah bisa menjadi lebih ahli. Kemudian juga diberikan motivasi dalam berwirausaha”, terang Mukhtarudin.

Harapannya selesai kegiatan para peserta mampu menciptakan usaha baru, atau dengan peningkatan skillnya bisa bekerja dengan lebih profesional lagi dibidangnya masing-masing.

Adapun daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan bimtek ini adalah:

  1. Kota Palangka Raya. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 3-6 Oktober 2023, diikuti oleh 184 peserta dengan bidang keahlian IKM Kerajinan Purun, IKM Membatik, IKM Menjahit, IKM Servis Roda Dua, IKM Kerajinan Rotan, IKM Pembuatan Kue Tradisional, IKM Servis AC, dan IKM Pengolahan Kopi.
  2. Kabupaten Pulang Pisau. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 4-7 Oktober 2023, diikuti oleh 115 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Servis Roda Dua, IKM Servis AC, IKM Makanan Ringan, dan IKM Minuman Buah.
  3. Kabupaten Kotawaringin Timur. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 6-9 Oktober 2023, diikuti oleh 161 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Pembuatan WEB, IKM Servis Computer, IKM Membatik, IKM Pembuatan Kue Tradisional, IKM Pengolahan Kopi, dan IKM Pengolahan Makanan Ringan Berbasis Ikan.
  4. Kabupaten Kapuas. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 10-13 Oktober 2023, diikuti oleh 138 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Kerajinan Purun, IKM Servis Roda Dua, IKM Servis AC, IKM Pembuatan Kue Tradisional, dan IKM Pengolahan Minuman Buah.
  5. Kabupaten Katingan. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 8-11 Oktober 2023, diikuti oleh 138 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Kerajinan Rotan, IKM Servis Roda Dua, IKM Servis AC, IKM Pembuatan Kue Tradisional, dan IKM Pengolahan Kopi.
  6. Kabupaten Kotawaringin Barat. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 28-31 Oktober 2023, diikuti oleh 230 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Kerajinan Purun, IKM Kerajinan Rotan, IKM Servis AC, IKM Servis HP, IKM Servis Komputer, IKM Servis Motor, IKM Pembuatan Kue Tradisional, IKM Pengolahan Makanan Ringan Berbasis Ikan, dan IKM Barista.
  7. Kabupaten Lamandau. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 25-28 Oktober 2023, diikuti oleh 138 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Anyaman, IKM Servis Motor, IKM Servis AC/HP, IKM Pembuatan Kue, dan IKM Minuman Buah.
  8. Kabupaten Sukamara. Bimbingan Teknik berlangsung selama 4 (empat) hari 27-30 Oktober 2023, diikuti oleh 138 peserta dengan bidang keahlian IKM Menjahit, IKM Batik, IKM Servis Roda Dua, IKM Servis AC, IKM Pembuatan Kue Tradisional, dan IKM Pengolahan Makanan Ringan Berbasis Ikan.