Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Bahlil Sebut Investasi Baterai untuk Kendaraan Listrik Totalnya Capai Rp 630 Triliun, DPR: Kabar Baik

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengatakan, hal tersebut merupakan kabar baik dan menggembirakan untuk Indonesia.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut, total investasi baterai kendaraan listrik di Indonesia telah mencapai USD 42 miliar atau sekitar Rp 630 triliun selama kurun waktu 2020-2023.

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengatakan, hal tersebut merupakan kabar baik dan menggembirakan untuk Indonesia.

“Tentu adalah suatu hal yang menggembirakan dan menjadi kabar baik bagi ekosistem kendaraan berbasis listrik yang sedang kita bangun ini,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (5/9/2023).

Politikus Golkar ini pun meminta agar, investasi yang merupakan penanaman modal dari luar negeri tersebut supaya dikawal sampai terealisasi.

“Semoga komitmen investasi dari FDI (Foreign Direct Investment) yang lumayan besar ini bisa dikawal hingga realisasinya kelak,” jelas dia.

Mukhtarudin menambahkan kepercayaan global kepada Indonesia cukup tinggi, apalagi Indonesia dianugerahi cadangan nikel yang melimpah dan salah satu terbesar dunia, maka hal ini menjadi daya tarik untuk berinvestasi.

“Benar sekali, sesuai dengan yang disampaikan oleh presiden, dan saat ini international trust bagus kepada negara kita,” jelas dia.

PLN ICON Plus Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik di Jawa Barat

PLN ICON Plus Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan mendukung visi Net Zero Emission 2060.

Penandatangan nota kesepakatan kerjasama ini dilakukan di Sumedang, Jawa Barat oleh Direktur Utama PLN ICON Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi dengan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir pada rangkaian acara Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat ke-16 yang turut dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ridiwan Kamil.

Direktur Utama PLN ICON Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menjelaskan tentang kolaborasi antara BUMN dengan Pemerintah Daerah, dalam hal ini antara PLN ICON Plus dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, menunjukkan peran serta dari semua pihak dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Untuk mewujudkan hadirnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dibutuhkan kolaborasi semua pihak, seperti yang dilakukan PLN ICON Plus dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang” ujar Ari dikutip Sabtu (2/9/2023).

“Terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Sumedang kepada PLN ICON Plus selama kurang lebih 5 tahun ini. Kolaborasi kami dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, berhasil menghantarkan Kabupaten Sumedang sebagai Peringkat Satu dalam implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia. Banyak pemerintah daerah yang datang ke Sumedang untuk belajar dari kesuksesan implementasi SPBE” tambah Ari.