Drs. Mukhtarudin

Search
Close this search box.

Mukhtarudin Kenalkan Cabor Muaythai di Ajang Porprov Kalteng

Ketua Umum Pengprov Muaythai Indonesia Kalteng, Mukhtarudin mengatakan, kegiatan eksibishi ini bertujuan, memperkenalkan olahraga muaythai kepada masyarakat Kalteng. Ia mengharapkan. Dengan eksibishi ini, muaythai menjadi cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov yang akan datang.
Kegiatan Eksibishi Cabor Muaythai Indonesia Kalteng, pada ajang Porprov Kalteng XII di halaman City Mall Sampit, Kabupaten Kotim, Kamis pagi (3/8). (FOTO :MUAYTHAI INDONESIA)

Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai Indonesia Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dinakhodai Muhktaruddin kenalkan Cabor Muaythai di ajang Porprov Kalteng, yang berlangsung di Sampit, Kotawaringin Timur. Pertandingan yang dikemas dalam laga eksibishi tersebut, digelar di halaman City Mall Sampit, Kamis pagi (3/8).

Ketua Umum Pengprov Muaythai Indonesia Kalteng, Mukhtarudin mengatakan, kegiatan eksibishi ini bertujuan, memperkenalkan olahraga muaythai kepada masyarakat Kalteng. Ia mengharapkan. Dengan eksibishi ini, muaythai menjadi cabor yang akan dipertandingkan pada Porprov yang akan datang.

“Karena olahraga ini sudah menjadi salah satu cabor yang akan dipertandingkan pada PON yang akan datang. Muaythai Indonesia Kalteng akan mengikuti Pra PON di Surabaya. Untuk kegiatan Porprov memang belum dipertandingkan secara resmi. Makanya kita pada tahun ini memperkenalkan melalui eksibishi muaythai,” ujar Mukhtarudin.

Anggota DPR RI dari Dapil Kalteng ini berpendapat, muaythai merupakan olahraga yang digemari banyak masyarakat. Namun demikian, olahraga tersebut belum tersosialisasi dengan baik. Sehingga peminatnya masih tidak merata dan terkesan tidak terkoordinir.

“Dengan adanya Muaythai Indonesia Kalteng, kita harapkan seluruh Muaythai yang ada di 14 Kabupaten Kota ini bisa terbina dan terkoordinir dengan baik. Sehingga bisa menjadi sebuah olahraga andalan yang bisa kita lombakan pada even nasional mewakili Kalteng,” bebernya.

Olahraga Muaythai saat ini, Mukharuddin mengakui dianggap kebanyakan orang hanya sebagai olahraga untuk menguruskan badan dan bela diri biasa. Padahal, Muaythai merupakan olahraga prestasi.

“Sehingga ini perlu kita koordinir. Dan kita kembangkan. Tentu kita akan mengikuti even nasional nantinya. Alhamdulillah saat ini muaythai banyak penggemarnya dan muaythai Kalteng sudah terbentuk di 10 kabupaten Kota di Kalteng,” imbuhnya.

“Diharapkan dengan eksibishi ini masyarakat bisa memahami dan mengenal Muaythai ini. sehingga olahraga muaythai bisa lebih dikenal masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) Muaythai Indonesia Kalteng Abdillah, menambahkan, kegiatan eksibishi ini diikuti oleh sejumlah atlet muaythai dari berbagai daerah di Kalteng.

“Di Palangkaraya ada Claudya Lorensi Lotama, Imannordinsyah, Christian Bernard, Nauval ababil Sukarna, Raidi Adi Ali. Di Kotawaringin Barat ada Nabil dan Niko. Di Barito Timur ada Sianto,” ucapnya.