Dukung Strategi Menperin Kejar Target Ekonomi Digital USD 146 Miliar di 2025

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin turut mendukung Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang menyiapkan strategi memanfaatkan peluang digital di masa mendatang.

Menurut Mukhtarudin, upaya Menperin tersebut ikut membangun ekosistem ekonomi digital di era perkembangan teknologi saat ini.

Ekonomi digital Indonesia ditargetkan bisa mencapai lebih dari 10 persen PDB nasional pada 2025 mendatang.

“Saya kira upaya dan strategi Menperin ini agar kita punya ekosistem sendiri, sehingga kita mampu bersaing secara global,” tandas Mukhtarudin, Selasa, (19/4/2022).

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini bilang ekonomi digital Indonesia saat ini merupakan yang tertinggi di ASEAN dengan nilai US$70 miliar atau menguasai 40% dari pangsa Ekonomi Digital ASEAN.

“Jadi, peluang besar Ekonomi Digital Indonesia ini haruslah kita manfaatkan untuk kesejahteraan bersama,” imbuh Mukhtarudin.

Apalagi, lanjut Mukhtarudin, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif sangat besar yakni mencapai lebih dari 191 juta orang.

“Sebagian besarnya merupakan Generasi Z dan Generasi Milenial diharapkan dapat mengoptimalkan peluang digitalisasi di berbagai sektor,” pungkas Mukhtarudin.

Diketahui, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan berdasarkan data dari e-Conomy SEA 2021 Report, nilai ekonomi digital Indonesia di 2021 mencapai USD 70 milliar, dan diprediksi tumbuh menjadi USD 146 miliar pada 2025 dengan pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 20 persen.

“The world is going digital, tidak saja mengubah cara kita membeli, namun juga bagaimana kita mengambil keputusan dan membuat model-model bisnis baru,” kata Menperin Agus dalam sambutannya dalam acara Inspiring Industry Transformation Startup4industry 2022, Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Nilai ekonomi digital tersebut, menurut Menperin Agus, sangatlah besar dan harus dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, salah satu strategi yang harus ditempuh pemerintah Indonesia adalah mempercepat transformasi teknologi baik di sektor industri maupun masyarakat.

“Kita percaya bahwa sejak Making Indonesia 4.0 diluncurkan, telah banyak upaya dan kerja yang telah dilakukan untuk merealisasikan hal tersebut,” beber Agus.

Beberapa di antaranya melalui pembangunan Pusat Industri Digital 4.0, ditunjuknya 5 lighthouse industri 4.0, dan juga tumbuh dengan pesatnya tech startup Indonesia serta talenta-talenta digital merupakan beberapa upaya dan kerja yang telah dilakukan.

“Kini, saatnya kita menunjukkan secara nyata, bagaimana transformasi teknologi dapat membantu industri tumbuh dan berkembang,” pungkas Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Yus)

Share on: