Mukhtarudin: HPN 2022, Jaga Kredibilitas dan Independensi Insan Pers

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

PANGKALAN BUN – Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar dapil Kalimantan Tengah, Mukhtarudin mengucapkan selamat hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Dalam kesempatannya, Mukhtarudin mengucapkan “Selamat Hari Pers Nasional yang ke-76. Kredibilitas sangat penting yang harus ditunjukan melalui sikap independensi,” Rabu, (9/2/2022).

Mukhtarudin mengatakan, insan pers sebagai salah satu pilar demokrasi, kinerja pers sangat mempengaruhi kualitas politik nasional. Sehingga Independensi Pers adalah harapan yang paling menentukan bagi masa depan demokrasi Indonesia.

“Jadi, prinsip-prinsip dasar etika jurnalistik harus senantiasa dijunjung tinggi,” terang Mukhtarudin.

Pers dalam hal ini, beber Mukhtarudin, harus konsisten membangun tradisi jurnalistik yang berintegritas dalam posisinya sebagai rujukan utama publik yang aktual dan mencerdaskan di tengah disrupsi digital.

Politisi Dapil Kalimantan Tengah ini lantas mengajak insan pers seluruh Indonesia agar semakin profesional, dan menjaga kredibilitas kelembagaannya.

“Independensi serta profesionalisme wartawan hendaknya terus dijaga agar hak-hak publik mendapat informasi yang akurat, mengandung kebenaran, serta berimbang, tetap terpenuhi,” pungkas Mukhtarudin.

Share on: