Politisi Golkar Tekankan Pentingnya Percepatan Program Palapa Ring

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah untuk mempercepat program Palapa Ring di Indonesia. Hal tersebut mengingat perkembangan global saat ini telah mendorong ekonomi digital sebagai kekuatan ekonomi baru.

“Pemerintah harus perlu tingkatkan Palapa Ring sebagai dukungan digitalisasi ekonomi nasional,” tegas dia dalam keterangan tertulisnya, Senin 22 November 2021.

Palapa Ring merupakan proyek jaringan data yang dibangun pemerintah dan swasta untuk menciptakan tol informasi internet cepat yang merata di seluruh NKRI. Palapa Ring secara bertahap akan meratakan kecepatan internet di seluruh Indonesia dengan disparitas harga yang semakin kecil antara wilayah di Jawa dengan di luar Pulau Jawa.

Menurut Mukhtarudin, program ini penting guna untuk memperluas jangkauan akses internet untuk seluruh masyarakat. Untuk itu, Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah itu mendorong pembangunan jaringan 4G di desa-desa seluruh indonesia yang selama ini belum mendapat akses internet secara merata.

Pembangunan jaringan di desa-desa ini sangat penting dan merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar. Dengan begitu, digitalisasi jaringan 4G tercapai secara merata sekaligus mempercepat layanan menuju 5G.

“Targetnya, digitalisasi jaringan 4G ini harus tercapai, agar semakin luas dan sehingga akan mempercepat menuju layanan 5G,” kata Mukhtarudin yang juga Anggota Badan Anggaran DPR RI.

Disebutkan bahwa Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya. Namun karena masih minimnya infrastruktur telekomunikasi di wilayah ini, membuat beberapa daerah tertinggal dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Melalui program ini, lanjut Mukhtarudin, diharapkan dapat mengejar perkembangan infrastruktur telekomunikasi. Sehingga ke depan tidak ada lagi internet lemot dan mahal, dan kebutuhan konektivitas data dapat terpenuhi dengan baik. 

Proyek Palapa Ring sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan infrastruktur layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Palapa Ring sekaligus sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam percepatan pelaksanaan Proyek Infrastruktur Strategis/Prioritas Nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016. 

Palapa Ring memberikan peluang bisnis baru bagi industri Usaha Kecil Menengah (UKM) di pelosok daerah, meningkatkan pendidikan melalui fasilitas internet dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat kegiatan ekonomi digital,” pungkas Mukhtarudin.(*)

Sumber : timesindonesia.co.id

Share on: