BMW dan Mercedes-Benz Ingin Jadikan RI Hub Produksi, Mukhatrudin DPR Apresiasi Lobi Menperin Agus

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

Jakarta, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menyambut positif upaya keras Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam meyakinkan dua produsen mobil premium asal Jerman yakni BMW dan Mercedes-Benz.

Pasalnya, keduanya dipastikan berminat menjadikan Indonesia sebagai hub produksi dan pengembangan mobil berbasis fuel cell.

“Ini patut kita dukung ya, mengingat Indonesia punya target pengembangan komponen utama untuk investasi ekosistem kendaraan listrik (EV) seperti baterai, motor listrik dan iverter,” tutur Mukhtarudin, Selasa, (2/11/2021).

Untuk itu, Mukhtarudin mendorong para pelaku usaha kendaraan listrik di tanah air untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat agar mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

“Sehingga diharapkan akan menambah literasi masyarakat tentang kenderaan listrik yang aman dan nyaman,” pungkas Mukhtarudin.

Diketahui sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang mengatakan produsen industri otomotif BMW dan Mercedes-Benz menyatakan minatnya untuk membangun ekosistem kenderaan listrik (EV) dan bersedia mengeksplorasi peluang ekspor kendaraan ke Australia dan ASEAN.

“Rencananya mereka akan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi,” ujar Menperin saat melakukan pertemuan dengan dua pelaku industri otomotif di Munich, Jerman, Jumat, (29/10/2021).

Sebagai negara yang telah menyatakan kesiapannya memasuki memasuki era kendaraan listrik, Indonesia pun kini memperkuat tekad tersebut melalui penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Sumber : INDUSTRY.co.id

Share on: