Komitmen Dukung Keberlangsungan Koperasi dan UMKM di Kalteng

Oleh kawalmukhtarudin

Tim @mukhtarudin.center yang secara resmi mengelola media sosial Drs. Mukhtarudin.

PROKALTENG.CO – Anggota DPR RI H Mukhtarudin sosialisasi dan pembinaan serta penguatan terhadap pelaku UMKM di Kalteng. Kegiatan yang digelar secara virtual tersebut dihadiri ratusan UMKM Kalteng, dan menghadirikan dua narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, yakni Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi dan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UMKM Eddy Satriya.

Selain itu, hadir juga Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi serta Kab/kota se Kalimantan Tengah. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan pembinaan kepada ratusan Pelaku Koperasi & UMKM di Kalteng. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memberikan semangat, motivasi, informasi terkait program-program pemerintah pusat maupun darerah, dalam rangka pemberdayaan kepada para pelaku Koperasi & UMKM di Kalimantan Tengah,” kata Anggota Komisi VI DPR RI H Mukhtarudin, Senin (9/8).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmennya sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, untuk terus mendukung perkembangan dan keberlangsungan ribuan Koperasi dan puluhan ribu UMKM di Kalimantan Tengah dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Pekan lalu, saya telah mengundang LPDB-KUMKM untuk dapat mensosialisasikan program pembiayaan dari LPDB- KUMKM  untuk Koperasi di Kalteng. Sebelumnya, di bulan Juni lalu, saya juga menyosialisasikan program Integrasi Ekosistem Ultra Mikro yang digagas oleh Pemerintah kepada Masyarakat Kalteng yang dihadiri oleh pelaku usaha mikro, UMKM dan pedagang kecil lainnya. Dimana program itu melibatkan 3 BUMN, yaitu, BRI, Pegadaian dan PMN bertujuan agar pelaku Usaha Ultra mikro tersebut dapat naik kelas,” ucapnya.

Selain itu, dalam rapat-rapat di DPR RI, Mukhtarudin selalu menyampaikan kepada mitra kerjanya DPR RI, baik lisan maupun tertulis, agar dapat mengagendakan kegiatan-kegiatan, baik itu berupa sosialisasi, bimtek, pelatihan dan sebagainya di Kalimantan Tengah.

“Alhamdulillah, Pada bulan Juni lalu, tim pak Edi Satriya melalui Asdep Perlindungan dam Kemudahan Usaha Mikro yaitu Bapak Rahmadi sudah menggelar acara Konsultasi pendaftaran sertifikasi Produk bagi usaha mikro di Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, aspirasi dari dinas, yang meminta agar acara konsultasi tersebut bisa jadi agenda rutin di Kalteng. “Harapan kita setelah acara ini, Pak  Zabadi dan Tim di Deputi Perkoperasian dapat pula menggelar kegiatan bimtek/ pelatihan bagi Koperasi di Kalteng. Dan saya berharap semoga pelaku Koperasi dan UMKM di kalteng dapat prioritas perhatian dan pemberdayaan dari kementerian koperasi dan UMKM RI dan Pemerintah Daerah, sehingga koperasi dan pelaku UMKM di Kalimantan Tengah bisa  menumbuh kembangkan usahanya,” pungkasnya.

Berita dapat dibaca di https://prokalteng.co
https://prokalteng.co/berita/71892/Komitmen-Dukung-Keberlangsungan-Koperasi-dan-UMKM-di-Kalteng.html

Share on: